Kenali 7 Ciri Modus Penipuan yang Mengatasnamakan Gojek, Apa Saja?
Penipuan melalui pemalsuan identitas salah satu driver atau petugas Gojek kembali terjadi. Hal itu terungkap setelah salah satu pengguna Twitter Arini Hasanah, @arinihsnh menceritakan kisahnya di media sosial Twitter pada Senin (2/9/2019).
Adapun penipuan yang dialami oleh Arini ini termasuk kategori pemalsuan identitas. Pasalnya, ketika ia sedang memesan GoRide menuju kantornya, ia mendapatkan pesan singkat dari oknum yang mengatasnamakan Gojek.
Lantas, ia mengikuti arahan dari oknum tersebut dan berimbas pada penipuan yang membuat dirinya kehilangan uang sebesar Rp 10 juta.
Untuk meminimalisir kembali terjadinya penipuan yang mengatasnamakan Gojek, Senior Manager Corporate Affairs Gojek, Alvita Chen mengungkapkan ada 7 ciri penipu yang umumnya mengintai pelanggan Gojek.
Berikut rinciannya:
- Menghubungi dari nomor handphone, tapi mengaku dari perusahaan.
- Memiliki gaya bicara yang bertele-tele.
- Menanyakan data diri korban, seperti kode verifikasi atau kode rahasia/One Time Password (OTP).
- Penipu mengaku bahwa kode verifikasi atau kode rahasia nyasar ke nomor korban.
- Pelaku akan mengancam korban nantinya terkena blokir atau putus Mitra jika tidak memberikan kode rahasia/OTP
- Mengiming-imingi hadiah atau sesuatu yang bisa meguntungkan korban.
- Mudah terpancing emosi dengan nada bicara yang memaksa.
Untuk informasi lengkapnya bisa mengunjungi laman driver.go-jek.com
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenali 7 Ciri Modus Penipuan yang Mengatasnamakan Gojek, Apa Saja?", https://www.kompas.com/tren/read/2019/09/05/055200665/kenali-7-ciri-modus-penipuan-yang-mengatasnamakan-gojek-apa-saja-?page=all.
Penulis : Retia Kartika Dewi
Editor : Sari Hardiyanto
Comments
Post a Comment